Demokrasi : Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Pakar Ilmu Hukum

Demokrasi : Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Pakar Ilmu Hukum - Hallo sahabat Cyberlaw Indonesia, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Demokrasi : Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Pakar Ilmu Hukum, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengertian, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Demokrasi : Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Pakar Ilmu Hukum
link : Demokrasi : Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Pakar Ilmu Hukum

Baca juga


Demokrasi : Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Pakar Ilmu Hukum

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Pakar Ilmu Hukum - Sering kita dengar kata-kata demokrasi mulai dari pidato presiden, di sekolah atau media televisi. Mungkin sebagian dari kita sudah paham benar dengan demokrasi secara ringkas, namun kadang untuk menjelaskan kita merasa kesulitan.

Sebenarnya apa sih demokrasi yang sebenarnya? jangan sampai salam mengartikan tentang pengertian demokrasi. nah, kali ini admin berbagi pengertian demokrasi sesuai dengan pendapat para ahli dan pakar hukum.

Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Pakar Ilmu Hukum

Demokrasi Menurut Para Ahli

Berikut pengertian demokrasi yang perlu diketahui bersama:


1. Pengertian Demokrasi Menurut Philippe C. Schmitter dan Terry Lynn Karl 

mengemukakan Pengertian Demokrasi merupakan suatu sistem pemerintahan dimana pemerintah dimintai tanggung jawab atas tindakan-tindakan mereka di wilayah publik oleh warga negara tersebut, jadi yang bertindak secara tidak langsung melalui kompetisi dan kerjasama dengan para wakil mereka yang telah terpilih.

2. Pengertian Demokrasi Menurut Menurut Sidney Hook

Pengertian Demokrasi ialah bentuk pemerintahan dimana keputusan-keputusan pemerintah yang penting secara langsung atau tidak langsung didasarkan pada kesepakatan mayoritas yang diberikan secara bebas dari rakyat dewas.

3. Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli - Henry B. Mayo

Pengertian Demokrasi Menurut Pendapat Henry B. Mayo yaitu sistem politik menunjukkan bahwa kebijakan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang diawasi secara efektif oleh rakyat dalam pemilihan-pemilihan berkala yang didasarkan atas prinsip kesamaan politik dan diselenggarakan dalam suasana terjaminnya kebebasan politik.

4. Pengertian Demokrasi Menurut Aristoteles 

mengemukakan bahwa demokrasi ialah suatu kebebasan atau prinsip demokrasi ialah kebebasan, karena hanya melalui kebebasanlah setiap warga negara bisa saling berbagi kekuasaan didalam negaranya. Aristoteles pun mengatakan apabila seseorang hidup tanpa kebebasan dalam memilih cara hidupnya, maka sama saja seperti budak.

5. Pengertian Demokrasi Menurut H. Harris Soche 

menjelaskan bahwa demokrasi ialah suatu bentuk pemerintahan rakyat, karenanya kekuasaan pemerintahan melekat pada rakyat juga merupakan HAM bagi rakyat untuk mempertahankan, mengatur dan melindungi diri dari setiap paksaan dalam suatu badan yang diserahkan untuk memerintah.

6. Pengertian Demokrasi Menurut Abraham Lincoln 

mengartikan demokrasi itu ialah pemerintah dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat. 

7. Pengertian Demokrasi Menurut Kranemburg 

mengemukakan demokrasi sesuai dengan pengertian dasarnya yakni memerintah rakyat.

8. Pengertian Demokrasi Menurut Koentjoro Poerbopanoto 

mengartikan bahwa demokrasi ialah suatu sistem dimana rakyat harus ikut berpartisipasi dalam suatu pemerintahan negara secara aktif.

9. Pengertian Demokrasi Menurut Charles Costello. 

Menurutnya demokrasi ialah suatu sistem polotik pemerintahan dan sosial dengan kekuasaan pemerintah yang dibatasi oleh hukum juga merupakan suatu kebebasan bagi warga negara dalam melindungi hak-haknya.

10. Pengertian Demokrasi Menurut Samuel Huntington 

mengatakan bahwa demokrasi ada bila para pembuat keputusan terkuat dalam suatu sistem dipilih lewat pemilu yang jujur, adil, dan berkala serta adanya kebebasan bersaing bagi setiap calon dalam memperoleh suara.

11. Pengertian Demokrasi Menurut Sidney Hook. 

Menurutnya demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana suatu keputusan pemerintah secara langsung ataupun tidak harus didasarkan pada kesepakatan umum yang diberikan rakyat secara bebas.

12. Pengertian Demokrasi Menurut Maurice Duverger

mengartikan demokrasi  sebagai cara pemerintahan dimana suatu golongan yang diperintah dan memerintah sama atau tidak terpisahkan.

13. Pengertian Demokrasi Menurut Prof. Mr. Muhamad Yamin 

mengemukakan bahwa demokrasi merupakan suatu dasar dalam pembentukan pemerintahan dan yang ada didalamnya (masyarakat) dalam kekuasaan mengatur dan memerintah dikendalikan secara sah oleh seluruh anggota masyarakat.

14. Pengertian Demokrasi Menurut Yusuf Al-Qordhawi 

menjelaskan demokrasi sebagai wadah bagi masyarakat untuk memilih seseorang yang pantas dalam mengatur segala urusan mereka. Segala sesuatunya dikehendaki masyarakat seperti : pemimpinnya bukanlah orang yang dibenci, peraturan yang ditetapkan sesuai sesuai yang dikehendaki mereka, dan memiliki hak untuk minta pertanggung jawaban pada para pemimpin tersebut serta memiliki hak untuk memecat para penguasa atau pemimpin jika menyeleweng.

15. Pengertian Demokrasi Menurut International Commission of Jurist. 

Demokrasi merupakan suatu bentuk pemerintahan dimana hak dalam membuat suatu keputusan politik harus diselenggarakan oleh rakyat melalui para wakil yang terpilih dalam suatu proses pemilu.

16. Pengertian Demokrasi Menurut Affan Ghafar 

memaknai demokrasi kedlam dua hal yaitu normatif dan empirik. Demokrasi normatif merupakan demokrasi yang secara umum diwujudkan oleh suatu negara. Sedangkan empirik merupakan suatu demokrasi yang perwujudannya hanya pada dunia politik.

17. Pengertian Demokrasi Menurut Sumarno AP dan Yeni R.Lukiswara. 

Mereka berpendapat bahwa demokrasi ialah pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat dalam declaration of independent ialah of the people, for the people, and by the people.

Dari Pendapat para pakar diatas terdapat benang merah atau titik singgung tentang Pengertian Demokrasi adalah  rakyat sebagai penentu, pemegang kekuasaan dan pembuat keputusan dan kebijakan tertinggi dalam penyelenggaraan negara dan pemerintahan serta pengontrol terhadap pelaksanaan kebijakannya baik yang dilakukan secara langsung oleh rakyat atau mewakilinya melalui lembaga perwakilan. Oleh karena itu negara menggunakan sistem demokrasi diselenggarakan, yang didasarkan pada kehendak dan kemauan rakyat mayoritas dan juga tidak mengesampingkan kaum minoritas. Menurut Mahfud MD Kekuasaan pemerintahan berada di tangan rakyat, dalam hal ini ada 3 hal penting yang harus kita ketahui, yaitu:
  1.     Pemerintah dari rakyat (government of the people)
  2.     Pemerintahan oleh rakyat (government by people)
  3.     Pemerintahan untuk rakyat (government for people)

Demokrasi sebagai dasar hidup bernegara mengandung arti bahwa pada tingkat terakhir rakyat memberikan ketentuan dalam masalah-masalah mengenai kehidupannya, termasuk di dalam menilai kebijakan negara, oleh karenanya kebijakan tersebut menentukan kehidupan rakyat. Dari sudut organisasi, demokrasi diartikan sebagai pengorganisasian negara yang dilakukan oleh rakyat sendiri atau atas persetujuan rakyat karena kedaulatan berada di tangan rakyat.

Menurut Masykuri Abdillah prinsip-prinsip demokrasi terdiri dari kebebasan, persamaan dan pluralisme. Prinsip persamaan memberikan penegasan bahwa setiap warga negara baik rakyat biasa atau pejabat mempunyai persamaan kesempatan dan kesamaan kedudukan di depan hukum dan pemerintahan. Begitu pun dengan prinsip kebebasan yang menegaskan bahwa setiap individu warga negara atau rakyat memiliki kebebasan menyampaikan pendapat dan membentuk perserikatan. Dalam prinsip pluralisme memberikan penegasan dan pengakuan bahwa keragaman budaya, etnis, agama, bahasa, pemikiran dan sebagainya merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindari.


Demikianlah Artikel Demokrasi : Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Pakar Ilmu Hukum

Sekianlah artikel Demokrasi : Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Pakar Ilmu Hukum kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Demokrasi : Pengertian Demokrasi Menurut Para Ahli dan Pakar Ilmu Hukum dengan alamat link https://www.cyberlaw.my.id/2015/05/demokrasi-pengertian-demokrasi-menurut.html